Kamis, 25 September 2008

bab 1 pengenalan logika

BAB I
PENGENALAN LOGIKA
I. PENGERTIAN LOGIKA
Logika beasal dari bahasa yunani logos = kata, uraian pikiran atau teori. Secara etimologis dapat diartikan ilmu tentang uraian pikiran.
Dengan fungsi sebagai dasar filsafat dan sarana ilmu karena logika merupakan jembatan penghubung antara filsafat dan ilmu. Secara termologis dapat diartikan “ teori tentang penyimpulan yang sah “ atau “ system penalaran yang menelaah tentang prinsip2 penyimpulan yang sah.
“ semua rakyat Indonesia berpancasila berarti semua yang tidak ber-berpancasila bukan rakyat Indonesia . “
Dalam logika tradisional ada hukum penyimpulan sbb.  
 Apabila pangkal pikirnya salah kesimpulan penalaran dapat benar atau dapat salah, sebaliknya apabila kesimpulannya benar pangkal –pikir penaran dapat benar atau dapat salah
Malaikat itu benda fisik : salah
Batu itu malaikat : salah
Jadi, batu itu benda fisik : benar
Kesimpulan penalaran diatas seharusnya
Malaikat itu benda fisik : salah
Batu itu malaikat : salah
Jadi? (tidak dapat disimpulkan) 
Dalam matematika pun juga terjadi konsep yang tidak ada hubungan dinyatakan dalam satu pernyataan positif, yaitu implikasi. Dalam implikasi dibenarkan juga 2 kmponennya tidak ada hubungan asalkan keduanya benar, 
“ jika Jakarta ibukota Indonesia maka Clinton presiden amerika “
Dapat disimpulkan dalam bentuk kontraposisi
“ jika Jakarta ibukota Indonesia maka Clinton presiden amerika, berarti jika Clinton bukan presiden amerika maka Jakarta bukan ibukota Indonesia “
A. DASAR LOGIKA MODERN
B bagian dari C, B I C
Semua B adalah C
Semua A adalah B 
Semua A adalah C
Rumusan simboliknya 
B ? C dibaca semua B adalah C atau B bagian dari C
A ? B semua A adalah B A bagian dari B
--------- ---------------------- -------------------
A ? C semua A adalah C A bagian dari C
Pertama tama yang melukiskan luas konsep atau luas pengertan dalam bentuk diagram himpunan adalah Leonhard Euler (swiss )1707-1783 dekembangkan oleh John Venn ( inggris )1843-1923
B. LOGIKA DEDUKTIF DAN INDUKTIF
Deduktif ialah dari umum ke khusus
Indutif dari khusus ke umum
Logika deduktif kesimpulannya pasti
Contoh : 
Logam dipanaskan memuai
Emas adalah logam
Maka emas dipanakan memuai
Dapat dirumuskan
Semua B adalah C, semua A adalah B maka semua A adalah C
Logika induktif kesimpulannya boleh jadi atau bersifat kemungkinan
Prinsipnya penyimpulan yang sah dari sejumlah hal khusus samapi pada suatu ksimpulan umum.
Missal emas adalah logam, besi adalah logam. Perak adalah logam
Emas besi dan perak dipanaskan memuai
Maka logam dipanaskan memuai
II. BAHASA LOGIKA
Bahasa ialah merupakan pernyataan pikiran atau perasaan sebagai alat komunikasi manusia.
A. PENGGOLONGAN BAHASA
Bahasa merupakan alat yan tepat untuk menyatakan pikiran atau perasaan.
Dalam penelahaan bahasa pada umumnya dibedakan dalam
1. Bahasa alami
Bahasa sehari –hari yang biasa digunakan untuk menyatakan sesuatu, dibedakan atas 2 macam, 
a) bahasa isyarat
b) bahasa biasa
2. bahasa buatan
merupakan bahasa yang disusun sedemikian rupa berdasarkan pertimbangan2 akal pikiran untuk maksud tertentu., dibedakan, 
a) Bahasa Istilah
Rumusannya diambil dari bahasa biasa yang diberi arti tertentu
b) Bahasa artificial
Murni bahasa buatan atau sering disebut dengan hbahasa symbol, cirri khusunya
- Tidak berfungsi sendiri, kosong dari arti, karena itu dapat diamsuki arti apasaja
- Arti yang dimaksudkan ditentukan oleh hubungannya
Bahasa alami bahasa buatan
Antara makna dan kata merupakan anatara istilah dan konsep merupakan satu
Satu kesatuan utuh, atas dasar kebiasaan kesatuan vana bersifat relative, karena bahasanya,
Sehari – hari, karena bahasanya
1. bersifat spontan 1. berdasarkan pemikiran
2. bersifat kebiasaan 2. sekehendak hati
3. intuitif ( bisikan hati ) 3. diskursif ( logic, luas arti )
4. pernyataan secara langsung 4. pernyataan tidak langsung
B. FUNGSI BAHASA
Fungsi pokok
1. Fungsi ekspresif atau emotif
Tampak pada pencurahan rasa takut serta takjub yang dilakukan serta merta pada pemujaan2
2. Fungsi afektif atau praktis
Untuk menimbulkan efek psikologis terhadap orang2 lain dan sebagai akibatnya mempengaruhi tindakan2 mereka kearah kegiatan atau sikap tertentu.
3. fungsi simbolik
meliputi juga funsi2 logik serta komunikatif karena arti itu dinyatakan dalam simbol2 bukan hanya untuk menyatakan fakta melainkan juga untuk menyampaikan kepada orang lian.
C. BAHASA DALAM LOGIKA
Sintaksis 
Ialah cara untuk meyusun kata2 dalam bentuk kalimat untuk menyatakanarti yang bermakna.
Proposisi atau perntaan ini berdasarkan bentuk isinya dibedakan dalam
1. Proposisi tunggal
\ pernyataan sederhana terdiri atas satu konsep atau satu pengertian sebagai unsurnya, missal Indonesia merdeka.
2. proposisi kategorik
terdiri atas hubungan dua konsep sebgai subjek dan predikat , missal rakyat Indonesia tidak boleh mengikuti ajaran komunis.
3. proposisi majemuk
terdiri atas hubungan dua bagian yang dapat dinilai benar apa salah, missal Bung karno adalah seorang prolklamtor dan presiden pertama RI.
III. SEJARAH PERKEMBANGAN LOGIKA
A. SEJARAH PIKIRAN YUNANI
1. BUAH KARYA ARISTOTELES
Guru pertama dalam ilmu pengetahuan. Menciptakan logika sebagai ilmu baru waktu itu disebut “ analitika “ ( memberi nama system penalran yang bertitik tolak pada pernyataan yang sudah dianggap benar ) dan “dialektika ( system penalaran yang bertitik tolak dari pernyataan yang belum tentu benar ).
Kumpulan karya tulisnya mengenai logika terdiri dari 5 buku, dan buku ketiga terbagi atas 2 bagian. Oleh murid2nya digabung menjadi satu dabdiberi nama ORGANON, 
a. Categoriae
Tentang cara mengurai sesuatu objek dari 10 kategori ( pengertian umum )
b. De Interpretatione
Bentuk2 pernyataan dan penyimpulan langsung, biasa disebut PERIHERMENIAS.
c. Analytica Priora
Tentang bentuk2 silogisme atau susunan pikir yang dipergunakan dalam penalran.
d. Analytica Posteriora
Tentang pelaksanaan dan penerapan pemikiran silogistik dalam pembuktian ilmiah.
e. Topica
Tentang perbincangan yang berdasarkan pada premis2 yang boleh jadi benar.
f. Sophistici elenchi
Tentang sifat dasar dan penggolongan sesat pikir.
2. SUMBANGAN THEOPRASTUS ( 371-287 SM )
Murid aristoteles mengepalai aliran peripatik dan berjasa didalam penyempurnaan logika yang diwariskan gurunya.
Sumbangan terbesarnya adalah penafsirannya tentang pengertian yang mungkin dan juga tentang sebuah sifat asasi dari setiap kesimpulan. Pengertian yang m,ungkin menurut tafsirannya ialah “ yang tidak mengandung kontradiksi didalam dirinya “ dan setiap “ kesimpulan menurut asas yang dirumuskannya, mestilah mengikuti unsure terlemah dalam pakal pikir.
3. KAUM STOIK DAN MEGARIA
Mencapai masa puncak. Didirikan oleh Euclid, salah seorah murid Sokrates (abad 2 SM ). Muridnya yang terkenal , Eubulides yang melahirkan Liar Paradox ( Paradox si pembohong ). Didalam logika. Dan Ichtyas yang mengantikan Euclid dan Trasymachus dari Korinte yang menjadi guru Stilpo. Salah satu murid Stilpo ialah Zeno 350-260 SM pembangun aliran Stoik..
 Penyambung aliran Zeno adalah Cleanthes abad 3 SM dan Chrysippus 280-206 SM. Ada pameo “ jika Chrysppus tidak ada maka kaum Stoa tidak akan ada”.
Para komentator lainnya adalah, Appolinus Cronus, Diodorus Cronus dan Philo. Philo_ seorang ahli pikir yahudi diiskadariah, SExtus Empiricus, Diogenes Laertius, Cicero 106-43 SM, Gelius, Galenus 130-200 M, Lucius Apuleus ( abad 2 M ), origin, Proclus, Stobaaeus<,Epictetus ( awal abad masehi ), Seneca ( meninggal tahun 65 M ) dan banyak lagi.
 Logika lebih mengarah pada pembahsana susun kata sebagia penjelmaan pikiran dan masalah yang tehangat pada tingkat masa ini adalah masalah2 paradox. Mengenai paradox Chrysippus konon menyusun 28 buku. Dan Philetos dari cos sampai meninggal dunia karena terrlampau memikirkan masalah2 paradox
4. SUMBANGAN PORPHYRUS ( 233-306 M )
Ahli pikir di iskandariah, menambah satu bagian didalm logika yaitu, Eisagoge yakni sebagai pengantar Categorie_ membahas lingkungan2 zat dan lingkungan sifat dialam yang biasa disebut dengan klasifikasi.
 Alam pikiran yunani ( Grik ) memperoleh pusat perkembangan di, Athena, Iskandariah, Antiokia, dan Roma.
5. SIDANG BESAR NICAE
Konstantin 272-337 M kaisar roma pertama yang memeluk nasrani, memindahkan ibukota roma ke Constantinople. Memghapuskan alam pikiran yunani pada 2 pusat yaitu Athena dan Antiokia, sedangkan pusatnya iskandariah diberikan kelonggran Karena lebih berpengaruh filsafat Plotinus 204-270 M, sesuai agama nasrani. Dikenal dengan Neo Platonism.
Membatasi pelajaran logika hanya sampai bagian Perihermias saja dan bagian2 selanjutnya dinyatakan bab2 terlarang
6. KOMENTATOR TERAHKIR ROMA 
Komentator terahkir yunani adalah Manlius Severinus Boethius 480-524 M. ia menyalin logika dari bahasa grik ke latin. Tahun 524 dia dihukum mati, dengan kematiannya dunia barat dalam 1000 tahun mengalami yang dibarat dikenal dengan sebutan Zaman gelap atau Dark ages.
B. LOGIKA PADA ZAMAN ISLAM
Awal abad 7 islam lahir, penghujung abad 8 islam sudah terbentang dari pegunungnan pirenia dibarat sampai perbatasan tiongkok di timur.
1. PENYALINAN BUKU2 LOGIKA
Pertama dilakukan oleh Johana bin PaFk lahir 815 M_ Ketegori karangan aristo ( Maqulatul-asyarat li aristu ). Ibnu Sikkit Jakub Al-Nahwi 803-859 M_ perbaikan dalam logika ( Ishlah fil-Manthiqi ). Jakub bin Ishak AlKindi 791-863 M, menyalin logika2 dan memberi komentar.
 Penyalinan logika “ bab2 terlarang “. Ishak bin Hunain meninggal 911 M , menyalin Categorie dan De interpretatione bernama Maqulat li-aristu dan Kitabu Aristhathlis: Bari-arminias. Said bin Jakub Al-Dimsyiki meninggal 914 M menyalin Eisagoge dan Topica bernama Isaguji wa Tupiga aristu. Abubisri Matta Al-Mantiqi meninggal 940 M menyalin Analytica bernama Kitabul – Burhan.
 Abu Nasr Muhammad bin Muhammad bin Ozluq bin Thurchan al-Farabi 873-950 M. 
Menyalin seluruh karya tulis aristoteles.:
a. Kitabul Manthiqil-Tsamaniyat, menyalin dan memberi komentar atas 7 bagian logika dan menambah 1 bagian baru.
b. Mugaddamat Isquji allati wadha’aha Purpurius, memberi komentar atas bagian klasifikasi yang diciptakan Porphyrius.
c. Risalat fil-Manthiqi, al-qaulu fi Syaraitil-yaqini, tentang beberapa bagian logika terutama tentang kontradiksi dan merumuskan syarat2nya.
d. Risalat fil-Qias, fushulun yuhtajju ilaiha fi Shina’atil-manthiqi, tentang bentuk2 silogisme dan merumuskan syarat2 setiap bentuk berdasarkan hokum aristoteles.
Abu Abdillah Al-Khwarizmi meninggal 997 M, pencipta aljabar. Memberi komentar atas keselurhan logika dalam buku Malatihul Ulum fil-Manthiqi.
 Abu Ali Al-Husain bin Abdillah Ibnu Sina 980-1037 M, bukunya Kitabul Syiffa semacam esiklopedi terdiri atas 18 jilid, punya karya tulis khusus mengenai logika bernama Isyarat walTanhbihat fil-Manthiqi, disalin oleh Napier 1658 Mkedalam bahasa perancis, sebagi akibatnya lahir logika aliran Port Royal dikota paris. Yang menjadi standar pelajaran logika dibarat sejak abad ke17.
 Abu ali Muhammad bin Hasan bin Al-Haitsam 965-1039, dieropa dikenal dengan Al-Hazem _ menulis buku
a. Talchisu Muqaddamati Purpurius wa Kutubi Aristhathalis
b. Muchtasharul Manthiqi
Al-Ghazali 1059-1111M, Al-Tibrizi meninggal 1109 M, Ibnu Bajah atau Avempas 1100-1138, Ibnu Rasyid atau Averroes 1126-1198 M, Al-Sakkaqi meninggal 1228 M, Al-Asmawi 1198-1238 M, Al-Samarkandi meninggal 1291 M dan Al-Abhari meninggal 1296 M.
2. LOGIKA PADA MASA KEMUNDURAN ISLAM
Taqiuddn Ahmmad Ibnu Taimiah 1263-1328 M_ Fashithtu ahlil-imam fil-raddi ‘ala Mathiqil Yunani ( ketangkasan pendukung keimanan menangkis logika Yunani. Disusul Saaduddin Al-Taftazani 1322-1389 M_ Tahzibul-Mathiqi, ia menjatuhkan hokum haram bagi orang yang mempelajari logika.
 Ibnu Khaldun 1332-1406 menyiarkan dasar2 loika bernama Al-Mathiq termuat dalam buku Muqaddamah.
 Muhammad Al Duwani lahir 1428 M memberikomentar tentang premis mayor dan premis mnor, yakni pangkal-pikir besar dan kecil _ Kubra walShugra fil-Mathiqi.
 Abdurahman Al-Akhdhari abad16 M menyusun dasar2 loika dalam bentuk sajak_ Sullam fil-Manthiqi. Dasar bagi pelajaran logika di pelbagai neeri.
 Muhibullah Al-Bisyari meninggal 1707 M berasal dari Peshawar, mengarang tentang logika _ Sullamul-Ulum fil-Manthiqi. Lahir pada zaman kebesaran imperium Moghul.
 Ahmad al_malawi abad 18 memberi komentar atas karya tulis Al-Akhdhari bernama Sjarhul fil-Manthiqi.
 Awal abad ke 20 muncul gerakan pembaharuan islam dipelopori oleh Jamaluddin Al-Afghani dan Muhammad Abduh, logika muncul kembali di tanah mesir.
C. PERKEMBANGAN LOGIKA BARAT
Peter Abelard 1079-1142 adalah yang pertama – tama menghidupkan kembali pelajaran logika pada PT di paris.
1. ARS VETUS ATAU LOGIKA TUA
Mendapat tantangan sengit dar St. Bernard yang menyusun buku Odiusurn me reddit mundo logica. Murid Abelard bernama John Sallisburry _ Et quia logicae suscepi patrocniuk. Muridnya Adam de Panto _ Ars Dialectica mengenai Topica.
2. ARS NOVA ATAU LOGIKA BARU
Albertus Magnus 1206-1280 M, menghsilkan karya sangat tebalk dalam bidang logika. Semasa itu Robery Grosseste meninggal 1253 M, memberi ulasan tentang Analytica Posteriora dan St. Thomas Aquinas 1225-1274 M, memberi komentar tentang Perihermias, dan muridnya Giles of Rome meninggal 1316 M, memberi kementar lengkap tentang keseluruhan Organon.
 Robert Kildwarby meninggal 1279 M seorang pengikut aliran Dominican dan lawan utama Thomas Aquinas, dan juga dari Duns Scotus meninggal 1305 M serta dari seorang yang digelari Averroist bernama Boehius of Daica meninggal 1258 M
 Petrus Hispanus meninggal 1277 M menjabat Paus dengan gelar Paus John XXI menyusunpelajaran logika dalam bentuk sajak. Seperti Al-Akhdari. Kumpulan sajak Petrus Hispanus mengenai logika bernama Summulae, diberi komentar oleh Jean Buridan 1295-1366 M, Johannes Magistri menbinggal 1400 M, Johannes de Monte meninggal 1450 M, Petrus Tartaritus seorang rector di paris meninggal 1490 M dan Chrysostom Javellus meninggal 1538 M.
 Penulis logika golongan Oxford, Roger Bacon meninggal 1292 M, Thomas Sutton meningal 1300 M, William of Ockham 1300-1349 M, Walter Burleigh 1275-1345 M, William Heystesbury Richard Swineshead( karya tulisnya dipuji oleh Karl Leibniz ), John Dumbleton, Ralp Strode dan Richard Ferabrich.
 Dari golongan paris, Jean Buridan 1295-1366, Albert of Saxony 1316-1390, John of Cornwall ( Preudo-Scotus ), Raimon Lull 1232-1315 M dan St. Vincent Ferrer meninggal 1372 M
3. KEMUNDURAN LOGIKA KAUM SCHOLASTIK
Penghujung abad ke 14 pengaruh logika kaum scholatik mengalami kemunduran karena lebih banyak memperdebatkan hal2 yang tidak berarti antara kaum nominalis dengan kaum realis sehingga kehilangan jiwanya yang dinamaik.
 Francis Bacon 1561-1626 M melancarkan serangan terhadap logika dengan bukunya Novuum Organum dan menganjurkan penggunaan system induksi secara lebig luas. Abad 17 logika kaum scholatik lenyap sama sekali.
4. LOGIKA GOLONGAN PORT ROYAL
Tahun 1658 karay tulis ibnu Sina disalin oleh Napier.
 1662 terbit buku La Loqique ou l’art de pancer disusun Antoine Arnauld dan Pierre Nicole, melahirkan kesegaran baru dalam perjalanan loika.
 1666 Gottfriend Wilhem von Leibnez _ Dissertatio de Arte Combinatoria menganjurkanka penggunaan pernyataan2 dengan simbol2 agar lebih umum sifatnya dan lebih mudah melakukan analisis.
1501 Giovanni Girolamo Saccheri _italia, _ Logika Demonstrativa, terlihat kuatnya pengaruh ahli2 logika arab. Keistimewaan buku ini dimata barat adalah :
a. Metode untuk membuktikan kebenaran suatu pernyataan dengan menonjolkan lawannya yang memningkari dan hali ini, dikenal dalam lapangan logika simbolik dengan hokum 
b. Perbedaan antara definisi nominalis denga realis bahwa yang pertama itu Cuma melukiskan arti sesuatu dan yang kedua itu melukiskan wujud sesuatu.
1770 Leonhard Euler_Swiss _ Lettres a une princess d’Allegmemane, melakukan pembahasan tentang term2 dan mempergunakan lingkaran2 untuk melukiskan hubungannya dekenal dengan Sirkel-Euler.
 1812-1816 George Wilhelm Friederch Hegel _ Wissenschaft der Logik menentang proyek Leibnez dan Calculus oleh Ploquet, dia memperkembangkan suatu cara yang disebutnya dengan Dalektika, yakni dari sebuah kenyataan yang ada ( thesis), detemukan lawan kenyataan ( antithesis ), guna memperoleh satu paduan yang lebih keras ( synthesis). Sebagai alat utama Karl MAx 1818-1883 untuk menyusun filsafat komunis.
 1837 Bernard Bolzano _ Wisseschoftlehre, pengaruhnya muncul sesudah muncul perkembangan logika Simbolik.
 1843 John Stuart Mill _ A system of Logic, menyempurnakan perkembangan Logika-formal, setiap pangkal pikir besardidalam deduksi memelukan induksi dan sebaliknya induksi memrluakn dediksi bagi penyususnan pikiran mengenai hasil2 eksperimen dan penyelidikan. Terkenal dengan sebutan Four-Methods yaitu metode kausal.
D. PERKEMBANGAN LOGIKA SIMBOLIK
Pertengahan abad 19 lahir Logika- Simbolik
1. GAGASAN LOGIKA SIMBOLIK
Dimulai oleh Leibnez, mengusulkan teknik _ Ars Combinatoria menurunkan pengertian2 yang rumit dari penggabungan sejumlah kecil konsep sederhanan untuk dijadikan pangkal, diusulkan program pembaharuan yang menyangkut bahasa dan penalaran dalam segenap ilmu. Program itu meliputi pengembangan :
a. Charateristica universalis ( bahasa semesta ) 
Diciptakan dengan sejumlah symbol dasar dan berdasarkan suatu teknik penggabungan direncanakan untuk dapat mengungkapkan semua buah pikiran sehingga dapat depergunakan segenap ilmuwan dan filsuf.
b. Calculus ratiocinator ( logical mathematical )
Suatu system penalan yang dengan simbol2 idiografis dan berdasarkan aturan2 yang cermat diharapkan dapat melakukan deduksi apapun dalam semua bidang keilmuan.
2. PELOPOR DAN TOKOH LOGIKA SIMBOLIK
Langkah pertama dimulai dengan penjabaran lingkungan golongan ( algebra of Classes ) dengan munculnya buah tangan
1. George Boole _ The Mathematical Analysis of Logic 
Secara sistematik menggunakan simbol2 yang cukup luas dan metode analisis menurut matematika, system penalarannya dinamakan Algebraic logic atau algebra of logic ( aljabar dari logika )
2. Augustus de Morgan 1806-1871 _ Formal Logic tahun 1847
Hasil pemikiran mengenai pengingkaran dari pernyataan2 majemuk menjadi kaidah2 logika simbolik disebut dengan De Morgan’s laws disingkat DM. kemudian muncul lagi penjabaran hubungan ( algebra of relations )_ Syllabus of Proposed System of Logic 1860
John Venn 1834-1923 _ Symbolic Logic 1881, penyempurnaan analisis logic dari Boole dengan merancang lingkaran2 yang dekenl dengan diagram Venn ( Venn’s Dagram ).
( Frederich Ludwig ) Gottlob Frege _ Begriffschrift 1879, mengubah aljabar logika dari Boole sehingga benar2 menjadi logika simbolik yang diformalkan. Untuk pertama kalinya dibahas logika proposisi, ungkapan ubahan, pembilang dan aturan2 penyimpulan.
 Ernst Schroeder 1841-1902_ Vorlesungen uber die Algebra der Logik, mensistematikakan dan menyatupadukan karya ahli2 terdahulu, memberi sumbangan mengenai masalah ungkapan perubahan dan logika relasi.
 Charles Sanders Peirce _AS_ The Grand Logic, dalam logika proposisi menelurkan dalil yang disebut Peirce’s Law dan mengembangkan juga logika relasi.
 Puncak logika simbolik terjadi pada awal abad 20 dengan terbitnya 3 jlid karya tulis dari filsuf inggris Alfred North Whitehead dan Bertrand Arthur William Russel _ Principia Mathematica _ 1910-1913, secara sangat luas dan terperinci membuktikan bahwa logika adalah masa muda matematika dan matematika adalah masa dewasa dari logika. Memberi dorongan yang sangat besra bagi pertumbuhan logika simbolik.
 Tokoh2 logika simbolik, Emil Post lahir 1897, Ludwig Josef johann Wittgenstein 1889-1951, Clarence Irvin Lewis 1883-1964, Rudolf Carnap lahir 1891, Henry Maurice Sheffer, Alfred Tarski lahir v1902, Willard Van Orman Quine lahir 1908, Kurt Goedel lahir 1906. tokoh2 logika polandia, Kazimierz Ajdukiewics dan Stanislaw Lesniewski.
E. KEADAAN LOGIKA DI INDONESIA
1950 buku logika berbahasa jawa dengan menggunakan huruf arab melayu_ Ilmu Manthiq terjemahan dari As-Sullamul-Munauroq karya Abdurrahman Al-Akhdhari abad 16 M disusun oleh KH. Bisyri Musthofa Rembang.
 1954 penerbit W. Verluys NV. Jakarta menerbitkan buku logika atau ilmu pikir karya Joesoef Soulyb.

Tidak ada komentar: